Pages

Rabu, 08 Mei 2013

Wajah Orang-Orang ini Hancur jadi Ganteng dan Cantik Kembali

Wajah adalah salah satu aset terpenting yang dimiliki seseorang. Itulah sebabnya banyak yang tertarik menjalani operasi plastik untuk mempercantik wajah. Tak hanya mempercantik, kini teknologi bahkan sudah dapat melakukan cangkok wajah.

Mirip dengan cerita di film Face Off, di mana kedua aktor utama yang merupakan musuh bebuyutan saling bertukar wajah, operasi serupa sudah beberapa kali dilakukan. Kebanyakan operasi ini dilakukan karena wajah pasien mengalami kerusakan parah.

Tercatat ada beberapa operasi transplantasi wajah paling hebat yang pernah dilakukan seperti dilansir Odde.com, Senin (6/5/2013).



1. Wajah kembali tampan setelah 15 tahun
 
 
 Richard Lee Norris (37 tahun) adalah pria yang menjalani operasi transplantasi wajah terluas yang pernah dilakukan. Wajahnya hancur dalam insiden senjata tahun 1997. Selama 15 tahun, dia hidup layaknya pertapa di Virginia, bersembunyi di balik topeng dan hanya keluar saat malam.

Dalam operasi yang berlangsung selama 36 jam di University of Maryland Medical Center, dia mendapatkan wajah, gigi, lidah dan rahang baru. Dalam waktu 7 bulan, wajahnya yang tampan pulih. Fungsi motoriknya berkembang hingga 80% di sisi kanan wajah dan 40% di sebelah kiri.


2. Cantik lagi setelah wajah hancur dikunyah anjing
Karena overdosis pil tidur, seorang wanita Perancis bernama Isabelle Dinoire hancur wajahnya karena dikunyah anjing Labrador miliknya pada tahun 2005 lalu. Anjing kesayangan panik lalu mencoba membangunkan Isabelle dengan menggaruk dan menggigit wajahnya.

Akibatnya, bibir, hidung, dagu dan pipinya hilang. Setelah menjalani operasi transplantasi wajah pada 27 November 2005 di Pusat Hospitalier Universitaire Nord di Amiens, Prancis, Isabelle menjadi orang pertama yang menjalani transplantasi wajah parsial.

3. Transplantasi seluruh wajah pertama di AS
Bertempat di Brigham and Women's Hospital pda tanggal 14 Maret 2011, Dallas Wiens adalah orang pertama di AS yang menerima transplantasi seluruh wajah. Dia mengalami cedera parah di tahun 2008 saat tersetrum kabel listrik tegangan tinggi.

Ketika itu ahli bedah menghabiskan waktu 36 jam untuk menyelamatkan nyawanya, namun dia harus mengalami buta permanen dan kehilangan bibir, hidung serta alisnya. Dengan operasi yang dilakukan oleh lebih dari 30 dokter, wajah Dallas berhasil dipulihkan dalam waktu 15 jam.


4. Cangkok wajah setelah ditembak mantan suami

Connie Culp adalah seorang wanita asal Ohio berusi 46 tahun yang rusak wajahnya akibat ditembak mantan suami. Insiden itu menghancurkan hidung, pipi, langit-langit mulut dan mata Connie. Hanya kelopak matanya atas, dahi, bibir bawah dan dagu yang tersisa.

Untuk memulihkan penampilan, Connie harus menjalani 30 operasi. Dokter mengambil rusuknya untuk membuat tulang pipi, lalu salah satu tulang kaki dijadikan sebagai rahang atas. Dia juga menjalani cangkok kulit dari paha yang tak terhitung jumlahnya.
5. Wajah rusak karena penyakit genetik
Seorang pria bernama Pascal Coler memiliki wajah yang mengerikan karena penyakit Von Recklinghausen, salah satu gangguan genetik yang langka. Di tahun 2008, tim ahli bedah Perancis yang dipimpin oleh Profesor Laurent Lantieri mengganti wajahnya dengan wajah dari donor mati. Membutuhkan waktu 16 jam, dokter berhasil mencangkokkan jaringan, saraf, arteri dan vena ke wajah Pascal.


6. Wajah pulih setelah diserang beruang

Seorang pria berusia 30 tahun diserang oleh beruang pada bulan Oktober 2004. Akibatnya sebagian besar wajahnya robek dan dokter memutuskan untuk mencoba transplantasi wajah dari seorang pria yang telah meninggal setelah cangkok kulit dari lengannya gagal.

Wajah yang dicangkokkan berasal dari seorang pria berusia 25 tahun yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas dan operasi dllakukan pada bulan April 2006. Selama 18 jam, profesor Guo Shuzhong dari Xijing Hospital memimpin operasi dan berhasil dengan sempurna.
7. Wajah rusak sejak bayi berhasil dicangkokkan
 
 Seorang remaja berusia 19 tahun asal Turki bernama Ugur Acar menderita luka bakar serius di wajah akibat kebakaran rumah saat usianya masih 40 hari tua. Pada tahun 2012, dia menjalani prosedur kosmetik untuk memperbaiki wajahnya di Akdeniz University School of Medicine di Turki. Dokter berhasil mencangkokkan jaringan dari wajah seorang donor berusia 45 tahun dan memulangkannya dalam 45 hari

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More