Pages

Selasa, 06 September 2016

Cara Memperbaiki PS2 Tebal Blank Hitam Total

Mungkin Anda pernah mengalami kerusakan playstation yang blank hitam total, artinya ketika Anda menghidupkan PS2 tak ada tampilan sama sekali, alias gelap padahal swicth menyala hijau. Anda panik, diganti kabel, diganti hardis atau NA, sama sekali tak berpengaruh. Di sini, saya akan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana cara memperbaiki PS2 blank hitam total. Penyebab playstation blank adalah sangat kompleks, kita tidak bisa menebak setiap kerusakan adalah pasti komponen ini. Tetapi, mengetahui penyebab kerusakan akan memudahkan kita dalam memperbaikinya.

Jenis dan penyebab PS2 blank


Ada 3 jenis playstation blank total berdasar penyebab, yaitu

1. Playstation blank biru total, 


Disebabkan ada beberapa komponen yang mati atau ada jalur yang putus sehingga mengakibatkan aliran listrik tidak menyambung antara komponen yang satu dengan komponen lain.

2. Playstation blank hitam, 


Ini biasanya disebabkan oleh komponen RB ( resistor blok ) yang eror, atau komponen IC yang kaki-kakinya berkarat, atau juga solderan yang renggang akibat pemakaian jangka lama.

3. Playstation blank merah,


Ini secara umum karena gagal booting. Namun, pada playstation di seri-seri tertentu ada resistor kopling yang mengalami perubahan nilai sehingga gambar tidak muncul  sempurna.

Itu hanya beberapa penyebab umum. Pastinya, kita harus bisa membaca skema untuk mengetahui berapa tegangan yang muncul pada setiap komponen playstation.

OK dilanjut. Sesuai dengan judul artikel, kita akan belajar bagaimana mengatasi PS2 blank gelap tak ada tampilan atau gambar sama sekali. Perhatikan, pada tutorial kali ini saya membahas pada playstation yang sudah di modifikasi menjadi Hardisk internal, dalam tanda kutip " PS2 menggunakan Network Adapter, atau disingkat NA"

Cara memperbaiki


Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki. Perhatikan, gambar dibawah ini yang saya buat sebagai model adalah seri SCPH 3XXXX GH 015

1. Cek tegangan IC modbo/matrix


Setelah Anda membongkar casing playstation, ukur tegangan di titik W. Nilai tegangan di titik W harus berada di sekitar 3 - 3.5 Volt. Jika tidak muncul tegangan sama sekali, solusinya adalah mengganti IC modbo atau lebih dikenal dengan IC matrik.

Saat memasang IC modbo yang baru. Anda harus jeli, tepatkan kabel sesuai dengan posisinya masing-masing. Titik P harus berada di P, titik O harus berada di titik O.....dan seterusnya. Solderan harus kuat dan matang supaya tidak lepas ketika playstation dipakai berjam-jam, atau tahan thd getaran. Sebab, jika solderan tidak matang atau kuat, dikuatirkan kabel akan lepas dan menyebabkan korsleting.

2. Cek tegangan di IC Switcting Regulator


Jika kondisi IC matrix bagus, langkah selanjutnya ANda men cek IC regulator. Posisi IC ini ada di samping IC CDX 188***. IC regulator mempunyai pin 16 kaki. Dalam posisi diberi arus listrik, cek tegangan di kaki 4, 11, 12 dan 14.

Memperbaiki PS2 Blank gelap
Gambar IC Regulator PS2

Pada pin ke 4, tegangan harus ada 2.5. Pada kaki ke 11, 12, dan 14 harus ada tegangan 1.8 volt. Jika tidak memenuhi standar, panaskan IC ini dengan hot blower. Jika setelah dipanaskan tetap tidak memunculkan tegangan, cek tegangan di fuse PS4, yaitu 5 volt. Jika fuse ini sudah ada tegangan 5 volt, berarti IC regulator harus diganti dengan yang normal. Fuse ini putus juga bisa menyebabkan playstation blank gelap, anda harus jeli.

3. Cek fuse PS1 dan sekering Emotion engine


Gunakan AVO analog untuk mengetahui jalur putus atau tidak. Cek juga tegangan, harus 12 volt, atau tegangan diatas 11.7.

Jangan pernah anda menjumper ke dua komponen ini, atau kerusakan akan semakin parah bahkan PS tidak bisa digunakan sama sekali. Sebaiknya, cari komponen kanib4Lan di PS2 lain yang masih kondisi bagus.

4. Ukur tegangan di IC Analog Video Encorder.


Langkah ke 4, silakan cek tegangan di IC gambar, di kaki 4 dan 6. Kaki 4 harus ada 5 Volt dan kaki ke 6 harus 1.5 Volt. Jika tidak ada tegangan, panaskan IC ini dengan solder uap atau blower. Namun, jika dipanaskan tetap tidak memunculkan tegangan, sebaiknya ganti saja dengan IC cadangan.

Memperbaiki PS2 Blank Hitam
IC Gambar PS2

5. Cek tegangan di kapasitor IC power switching


Langkah terakhir adalah mengukur arus tegangan di kapasitor dekat IC power swithcing. IC ini harus mendapat tegangan 12 Volt supaya bisa bekerja sebagai regulator untuk membagi tegangan agar stabil ke semua komponen PS.

Jika tidak ada tegangan, silakan gunakan AVO untuk mengetahui putus atau tidaknya fuse P2 (lihat gambar yang saya lingkari warna merah). Jika fuse menyambung dan tidak putus, namun tegangan pada kapasitor tidak menunjukkan angka 12 volt, atau tegangan berada jauh dari 12 volt, ganti RB 5.6 ohm yang saya lingkari dengan garis merah.

1 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More