Pages

Rabu, 20 Februari 2013

Cara Flashing Handphone Nokia Menggunakan Phoenix

Tepatnya hari selasa lalu, saya sedang tidak punya kesibukan. kebetulan sudah lama saya ingin mencoba untuk flashing update firmware handphone nokia 5310 jadul milik saya, file-file firmwarenya sudah lama saya unduh dan baru kemarin sempat untuk mencoba update firmware hp ini. Jujur saja ini pertama kalinya saya mencoba melakukan flashing handphone nokia, cukup membuat saya dag..dig..dug..hehehee dan ternyata flashing pertama saya ini berjalan mulus sukses, walau awalnya sempat dibuat pusing juga.

Untuk melakukan flashing sebuah handphone dengan media USB tentu yang anda butuhkan adalah perangkat komputer, software untuk flashing dan file firmware terbaru dari handphone anda. Mengapa melakukan update firmware? flashing atau update firmware biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah dari handphone yang mengalami kegagalan pada versi firmwarenya yang berakibat handphone tersebut sering restart, blank, mati total(yang bukan masalah hardware) agar mendapatkan versi firmware yang lebih baru dan stabil.

Sebelum memulai proses flashing update firmware handphone anda, silahkan anda download dulu software yang dibutuhkan yaitu: Phoenix Service Software(silahkan anda cari sendiri, saya menggunakan phoenix 2010) dan NaviFirm plus(untuk mencari firmware hp anda, download).

Jika sudah, pastikan komputer anda terkoneksi dengan internet. jalankan aplikasi navifirm kemudian pilih tipe jenis ponsel anda, seperti pada gambar di bawah ini, saya contohkan untuk ponsel nokia 5310 saya, dengan RM-243. untuk mengetahui versi RM-XXX ponsel anda, ketik *#0000# pada ponsel anda.


Cara Mudah Flashing Handphone Nokia Menggunakan Phoenix

Jangan sampai salah memilih firmware untuk ponsel anda, untuk indonesia biasanya dengan kode APAC, Indonesia, atau APAC Indonesia. pilih yang benar, Ingat, tidak disarankan anda memilih versi firmware yang lebih rendah dari versi pada ponsel anda(downgrade). Untuk mulai mendownload beri centang semua pada file firmware yang ditampilkan pada kolom paling kiri kemudian klik Download from FiRe. tentukan tempat penyimpanan file download dan klik Ok.

Sambil menunggu proses download selesai, silahkan anda install Phoenix yang tadi sudah anda download sebelumnya. Setelah download firmware selesai pindahkan filenya, buat dalam satu folder dengan nama sesuai versi RM ponsel anda. misalnya untuk ponsel saya RM-243, maka saya buat folder dengan nama RM-243. lalu pindahkan folder tersebut ke C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\disini(RM-243).

Sekarang, siapkan ponsel anda yang akan diflashing update firmwarenya. backup data penting yang ada di memory telpon ponsel anda jangan sampai anda kehilangan data-data penting semisal kontak. pastikan daya battery ponsel cukup atau isi terlebih dahulu hingga penuh. lebih baik anda lepaskan juga memory card handphone anda. serta saya sarankan juga untuk mendisable sementar semua antivirus pada komputer anda sebelum melakukan flashing.

Setelah semua beres, sekarang saatnya melakukan flashing update frimware ponsel nokia anda, jalankan phoenix maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia Menggunakan Phoenix

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia Menggunakan Phoenix

Sambungkan ponsel anda ke komputer menggunakan kabel data dengan pilihan mode PC Suite, tunggu sebentar hingga proses install driver selesai, jika sudah klik menu File pilih Manage Connections.. maka akan tampil seperti dibawah ini.

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia

Pilih USB kemudian klik tanda panah atas seperti yang saya lingkari merah pada gambar di atas, lalu klik Apply dan Close untuk menutup jendela Manage Connection.

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia

Jika semua berjalan lancar, ponsel anda akan terbaca oleh phoenix, seperti gambar diatas. Kemudian klik lagi menu file pilih Scan Product atau tekan Ctrl+R. Phoenix akan memeriksa ponsel yang sedang terhubung, pada status No Product akan berganti dengan informasi firmware ponsel anda. Setelah scan product selesai klik menu Flashing pilih Flashing update, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Flashing Handphone Nokia Menggunakan Phoenix

Jika informasi firmware baru yang sudah anda download dan pindahkan tadi tidak muncul seperti gambar diatas, klik pada tombol seperti tanda panah gambar diatas, dan pilih firmwarenya.

Saya melakukan flashing update firmware ponsel nokia 5310 XpressMusic yang masih hidup dan dapat bekerja. jika ponsel anda sudah tidak dapat beroprasi dengan normal gagal boot, blank, mati total(bukan masalah hardware) atau gagal flashing sebelumnya, beri centang pada 'Dead phone USB flashing' sebelum mulai flashing. Untuk mulai proses flashing update fireware klik Refurbish. tunggu hingga proses flashing selesai dan tampil pesan yang menyatakan flashing anda sukses berhasil. klik Ok.

Catatan: untuk flashing dead phone, anda mungkin tidak dapat melalukan scanning product seperti langkah diatas, maka pilih open product. pada kasus saya diatas, Dead phone USB flashing tidak aktif sehingga tidak dapat dicentang(saya juga tidak tahu mengapa tidak aktif, tetapi karena ponsel yang saya flashing masih hidup normal jadi tidak masalah. saya tidak mebutuhkan fungsi dead flashing)

Tunggu hingga ponsel anda selesai melakukan beberapa mode testing dan booting awal untuk mengatur waktu dan tangggal, jika sudah, lepas hubungan kabel data dari komputer dan ponsel anda. Nah selesai sudah proses flashing update firmware ponsel nokia anda. Selamat mencoba!

Update: Tutorial diatas saya menggunakan phoenix service software 2010. dan pada fungsi Dead phone USB flashing, tidak aktif dan tidak dapat dicentang untuk melakukan flashing pada ponsel nokia yang mati total. Pagi ini saya coba download versi 2012 dari software phoenix ini, ternyata fungsi Dead phone USB flashing dapat gunakan(aktif, bisa dicentang). untuk versi 2012 anda disarankan untuk menginstall .NET Framework v4 agar aplikasi ini berjalan maksimal.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More