Pages

Sabtu, 08 Juni 2013

Cara Flash Hp Nokia Via USB dengan JAF

Postingan kali ini mengenai bagaimana flashing alias format software hp bawaan Nokia, apabila terjadi hang atau tidak bisa dihidupkan, yaitu hp yang rusak softwarenya dan perlu di format adalah cara satu-satunya. Mungkin anda bisa mencoba memflash sendiri hp anda, daripada meminta bantuan ke teknisinya dan harus merogok kocek yang tidak sedikit, paling sekitar 35ribu-50an ribu. Oke, langsung saja ke pembahasan.



Flashing Handphone sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Alat tersendiri, namun karena harga alat tersebut begitu mahal, saya mencari cara bagaimana melakukan Flashing dengan menggunakan Kabel Data USB. Dengan bantuan software ODEON JAF.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengajari anda cara melakukan Flashing HP dengan menggunakan ODEON JAF. Langsung saja ikuti petunjuk yang saya berikan di bawah ini :

Software yang dibutuhkan :



Hardware yang digunakan :

USB YANG SESUAI DENGAN TYPE HP ANDA 


Cara Kerja :


BackUp semua data anda terutama Contact, Message, Calendar, dll pada Memory Card dan keluarkan “MEMORY CARD”. Sebab proses flashing akan menghapus secara keseluruhan data anda.  Install Nokia PC Suite sesudah itu Restart Komputer anda.  Install ODEON JAF, BUKA DIREKTORINYA (BIASANYA DI C:\PROGRAMFILES\ODEON) kemudian ganti file pada direktori "C:\Program Files\ODEON\JAF\jaf_nok4models.ini" dengan file "jaf_nok4models.ini" yang terdapat dalam archive yang anda download. 

Matikan Handphone anda, [LEPAS MEMORY CARD DAN KARTU SIM] pasang kabel data USB dan hubungkan dengan computer, kemudian tekan tombol power sekali saja dan jangan tahan. Ini akan mengaktifkan USB ROM dan Generic USB Flasher. Tunggu sebentar...... Kalau sudah, Kira-Kira 10 Detik .... 

Copy Firmware HP anda yang telah anda download dengan Navifirm, letakan hasil download tersebut dalam satu folder yang namanya adalah tipe Firmware HP anda, misalnya RM-436 (Untuk Nokia 7210 Supernova). Copy folder tersebut ke direktori “C:\Program Files\Nokia\Phoenix\products\RM-237” bila direktori tidak ada, silahkan anda buat folder baru sesuai dengan alamat direktori tersebut. RM-436 adalah Type HP saya (nokia 7210 Supernova), Untuk Type Firmware HP kalian Dapat Disesuaikan apa Typenya dan beri nama Folder “RM-436” dengan Type Firmware HP kalian. Untuk ngeceknya tekan *#0000* ntar muncul di atas tulisan “©nokia” kalau di HP Anda. kalau HP nya mati, googling saja tentang type firmwarenya. 

Jalankan Emulator JAF (ADA PADA FILE YANG ANDA DOWNLOAD), Pada Tab Step 1, pilih Random PKEY Raskal SN, kemudian melangkah ke Tab Step 2, pilih JAF (main), kemudian klik GO (launch selecte EXE)



JAF akan Terbuka , anda akan menemui pesan error (Error: BOX DRIVER NOT INSTALLED), klik OK Saja. Minimize Emulator, jangan ditutup. (Aplikasi JAF tidak dapat berjalan tanpa Emulator) Pada aplikasi JAF, masuk ke Tab BB5 dan berikan tanda cek pada opsi Manual Flash dan Dead USB, hilangkan tanda cek pada opsi CRT 308 kemudian berikan tanda cek pada opsi Use INI. Tunggu sebentar, akan terbuka jendela kecil.


Pada dialog Select Phone Model, silahkan pilih tipe Handphone anda, Misalnya RM-436 Nokia 7210 supernova (sesuaikan dengan Type HP) . Jika sudah, klik OK



Phone MODE Pilih "NORMAL" (pilihannya ada di pojok kanan bawah pada PHONE MODE)


Sekarang klik FLASH, pada dialog box yang muncul klik Yes.  Kemudian tekan tombol power pada HP anda sekali saja dan jangan ditahan.  Prosess flashing akan berjalan. Silahkan menunggu. Baca Setiap Perintah/Berita yang ada dalam kotak, kalau diperintahkan “PRESS ON PHONE” maka tekan tombol POWER, KIRA-KIRA 2 Detik sampai ada suara yang menandakan ada HARDWARE MASUK 

Tunggu proses berjalan..Jika ada pesan yang muncul, OK, jika tidak HP anda akan restart dengan sendirinya setelah selesai.  Sekarang HP anda sudah diflashing,n lakukan haerd reset dengan menggunakan kode *#7780# setelah restar silahkan setting waktunya. Mudah kan? 


Catatan :

  1. Flashing HP dengan JAF hanya untuk HP Nokia (yang bukan nokian tidak bisa). 
  2. JANGAN menggunakan /menjalankan aplikasi apapun pada saat FLASHING BERLANGSUNG karena itu dapat mengganggu proses FLASING [katanya] dan proses flashing akan gagal. 
  3. Kalau bisa bikin user account baru [windows] karena settingannya default, jadi nggak mengganggu proses flashing. 
  4. Berdoa [hehehehe] 

KALAU SUDAH SELESAI

  1. Jangan sering-sering Nge-flash (nanti malah merusak ketahanan HP)
  2. JANGAN menggunakan memory card melebihi batas [semua yang berlebih itu tidak baik]
  3. JANGAN lupa komentarnya di tinggalkan…

Demikian sobat tutorial Cara Flash Hp Nokia Via USB dengan JAF, semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More