Pages

Selasa, 25 Juni 2013

Membuat Portable Charger untuk Handphone



Portable charger Super Booster 3v ke 5vDC
 
Rangkaian ini bisa berguna untuk membuat Portable charger (semisal yg lagi rame skarang Powerbank).Sangat simple dan mudah meski mungkin ada kendala pada ketersediaan komponen.Rangkaian ini hanya membutuhkan tegangan input (masukan) DC 2.2V - 4.5 dengan penguatan tegangan output 5V DC yang mana menggunakan socket USB out sebagai output tegangannya.Rangkain ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan pengisian tegangan (charger) pada pesawat handphone (HP),Mp4 player atau gadget /perangkat  yg membutuhkan tegangan input 5vDC sebagai masukan (input)catu daya pengisiannya.
Desain ini terinspirasi oleh Minty Meningkatkan tetapi perbaikan beberapa isu yang saya miliki dengan itu. Boost Minty terbatas karena 600mA untuk LT1302 chip. Boost Super menggunakan LM2700 yang dapat mendorong hingga 3.6A. Hal ini akan memungkinkan perangkat untuk menarik sampai pada maksimum 1A yang akan memungkinkan untuk mengisi ulang lebih cepat. Dalam konfigurasi LM2700 saat ini bisa mendorong 2.3A.Hal ini disebabkan siklus switching chip.Pengisian lebih cepat akan menguras dan mengurangi masa hidup baterai AA sehingga baterai lithium merupakan sumber ideal untuk alat ini.
Alat ini membutuhkan sumber tegangan antara 2.2V ke 4.5V dan akan menampilkan 5V. Sedikit kendala pada beberapa handphone yg tidak mengenali sumber tegangan,semisal blackberry samsung dan beberapa handphome yang lain.Ternyata dari beberapa perangkat memerlukan sejumlah tegangan pada D-dan D + (pin data) dari konektor USB. Sumber catu daya memilikinya dan dapat diatur sehingga perangkat semisal Handphone dsb dapat mengenalinya sebagai charger dan melakukan pengisian daya sperti biasanya.




Sumber  : http://longhornengineer.com

Selain rangkain diatas perusahaan elektronik di china telah memproduksi rangkaian siap pake yang bisa langsung kita pakai dengan memasukkan tegangan input 3V DC dengan keluaran tegangangan output 5V DC,disamping kecil alat tersebut sudah terpasang socket USB yang bisa langsung dihubungkat ke perangkat (gadget) semisal Handphone IPAD dan perangkat Elektronik lainnya.Alat ini sangatlah berguna untuk membuat Portable Charger ( seperti halnya Powerbank ),namun bersifat manual karna tak ada indikator batere charger masukan ke rangkain.



Parameter Modul sbb :

Ukuran: panjang: 22.8mm (31mm jika USB yang disertakan), Lebar: 18.8mm; Panjang: 5mm (8mm jika USB disertakan)

Tegangan input: 0.9V-5V
Output tegangan: 5.0V-5.5V
Output saat ini: terukur yang: 500mA (ketika masukan lebih 2.8v)
Efisiensi konversi: 90% rata-rata (semakin besar tegangan input, semakin tinggi efisiensi adalah)
Riak keluaran: 50mA (max)
Bekerja suhu: -40 derajat celcius hingga 85 derajat celcius
Beban penuh kenaikan suhu: 20 derajat celcius
Statis saat ini: 130 UA
Muat menyesuaikan tingkat: ± 1%
Tegangan menyesuaikan tingkat: ± 0,5%
Metode input: memegang (IN +: masukan positif; IN-: masukan negatif)
Output Metode: standard USB

sedikit catatan

fungsi indikator undervoltage: Jika tegangan cukup besar, indikator akan ON.When tegangan lebih rendah dari 2.7V, indikator tidak aktif dan Anda harus mengisi baterai, atau mungkin rusak.

aplikasi

 DIY ponsel power supply: ketika Anda berada di perjalanan bisnis atau wisata, Anda dapat mempersiapkan seperti power supply ponsel sehingga Anda dapat mengisi baterai dari mp3 atau hp dengan beberapa baterai lain.
Menyesuaikan tegangan: ketika desain Anda membutuhkan tegangan yang berbeda, itu akan menjadi pilihan yang baik untuk menggunakan modul ini.
Membuat power supply Anda stabil: ketika power supply Anda tidak stabil, Anda dapat menggunakan modul ini untuk membuatnya.


Gambar diatas adalah salah  satu alat portable charger yang sederhana dan hanya menggunakan 1 buah batere 1.5V yangdijual ditoko-toko Elektronik.Dan pada gambar dibawah ini tampak isi dari rangkaian alat tersebut.


Dan berikut skema rangakian dari alat tersebut


Rangkaian sederhana penaik tegangan 3V DC ke 5V menggunakan transistor


Sirkuit ini akan menghasilkan output 5v diatur dari 2 buah batere (3v) atau sumber catu daya lain. Arus output terbatas 50mA akan tetapi ideal untuk banyak sirkuit mikrokontroler .Tegangan keluaran diatur ke 5v oleh resistor 3K9 dan 560R, yang membentuk jaringan pembagi tegangan.



0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More