Pages

Rabu, 01 Mei 2013

Cara Menggulung Spul Speaker

DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM
Beberapa waktu lalu saya mendapat pasien elektronik sebuah speaker dengan kerusakan mati total / matot,dengan segera saya kerjakan apa yang sudah jadi tanggung jawab saya ini.Setelah saya buka tutup spul speaker ternyata spul nya sudah rusak bahkan parahnya lagi koil / kawat nya terbakar atau hangus.

Seketika itu juga saya ganti spul speaker yang rusak dan saya kerjakan semuanya sampai selesai.Disini untuk spul speaker saya menggulungnya sendiri karena dengan menggulung spul sendiri saya bisa memilih bahan yang berkwalitas bagus terutama untuk kawat email agar hasil sepulan bisa bagus dan maksimal pula.


 Kali ini saya akan membahas langkah & cara mengulung spul speaker sendiri, mungkin informasi yang saya bagikan ini agak jadul tapi mungkin masih bermanfaat untuk sobat yang ingin mempelajari bagaimana menggulung spul speaker sendiri,karena bagi saya menggulung spul speaker bukan sekedar bisa atau tidaknya akan tetapi suatu kreatifitas dan kepuasan tersendiri apabila kita bisa serta berhasil dalam mengerjakannya sendiri.

Sebelum pengerjaan menggulung spul speaker di mulai maka persiapkan dulu  alat dan bahan-bahan nya antara lain sebagai berikut :




- Kawat email ( kawat spul ) diameter seperti aslinya.



divaizz.blogspot.com

- Koker  lingkaran spul dari aluminium / kertas yang kaku /  ebonit

divaizz.blogspot.com


- Lem besi cair

divaizz.blogspot.com

- Alat penggulung spul poros engkol / pipa paralon


divaizz.blogspot.com



Apabila bahan-bahan di atas sudah tersedia maka langkah / cara menggulung spul speaker sebagai berikut :

  • Pertama siapkan lem besi cair  dan aduk lem tersebut dengan rata
  • Lingkarkan / masukan koker aluminium ke permukaan poros engkol /pipa paralon dan beri kelonggaran sedikit agar spul mudah di lepas saat spul nantinya sudah jadi
  • Oleskan lem besi secara merata pada permukann koker yang akan kit gulungi kawat email spul
  • Gulungkan kawat email secara satu arah dan searah jarum jam dengan pelan dan merata pada koker yang kita olesi lem tadi sampai dua lapisan seperti spul aslinya
  • Setelam kawat email selesai tergulung keringkan di bwah sinar matahari
  • Apabila sudah benar-benar kering  kemudian lepas koker spul dari poros engkol / pipa parlon dengan perlahan dan hati-hati jangan sampai rusak
  • Setelah lepas lem pangkal kawat spul dan balut pakia kertas / isolasi
  • Maka spul butan kita siap untuk kita pasang ke speaker / ke tempat spul
  
divaizz.blogspot.com


Rekomendasi : pilih kawat email yang bermutu bagus agar hasil spul bisa maksimal & bagus,dan juga untuk koker saya sarankan sobat pakai ebonit karena selain tahan panas ebonit juga bukan dari bahan logam sehingga ebonit tidak akan menggagu gaya magnet antara magnet speaker dan spul saat speaker berbunyi.

1 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More