Pages

Minggu, 05 Mei 2013

Memperbaiki Windows Explorer Yang Rusak/Error

Beberapa waktu yang lalu Laptop Toshibaku mengalami masalah pada system32-nya. Karena udah nggak bisa di Repair, akhirnya aku install kembali pakai Windows XP SP2. Setelah aku install namun sebelum install drivernya, aku buatin System Restore-nya agar suatu saat terjadi masalah, bisa aku kembalikan lagi pada keadaan system yang sebelumnya.
Mungkin pengaruh mencoba menginstall beberapa software dari untuk melengkapi beberapa fitur pada laptopku, tiba-tiba windows explorerku bermasalah. Setiap kali aku buka windows explorer, nggak cukup semenit aja tiba-tiba muncul pesan error seperti gambar di bawah ini:

atau gambar semacam ini :

Aku dibuat pusing olehnya. Mau restore kembali ke awal sebelum instal drivernya, sayang banget. Masalahnya untuk install kembali drivernya lama banget. Soalnya aku udah nggak tahu lagi mana Software bluetooth dan webcamnya yang akan aku install. Karena sebelumnya aku lama mencari drivernya di Internet. Dapat banyak, namun hanya satu aja yang cocok dengan Windows XP yang aku pakai. Akhirnya aku cari cara lain selain harus memilih restore systemnya kembali.
Aku coba menjelajah internet kembali, minta bantuannya Om Google. Aku masukin kata kunci pencarian artikel "Cara memperbaiki windows explorer yang error". Karena pada waktu itu jaringan internet di kantor lagi ngadat, akhirnya aku harus nunggu selama 15 menit untuk membuka sebuah artikel tentang memperbaiki windows explorer yang eror. Kalau berminat, silahkan kunjungi pula  blognya di :

Otomotif, Chemistry & Multimedia



Setelah aku baca artikelnya dan aku coba cara yang disarankan, ternyata berhasil. Dan windows explorer-ku nggak error lagi dan nggak pernah muncul lagi pesan seperti gambar di atas tadi. Nah unuk itu aku pengen berbagi tips ini buat teman-teman yang kebetulan mengalami masalah yang sama denganku. Nggak perlu software apapun untuk memperbaiki kerusakan windows explorer ini, karena windows explorernya mungkin merajuk kalie...hehehe mulai ngaco deh...

Ok deh gan, langsung aku bagi tipsnya.
  1. 1. Pertama-tama tutup dulu semua program yang aktif apabila anda sedang membuka suatu program.
  2. 2. Trus anda klik Start dan klik kanan My Computer —> Pilih Properties.
  3. 3. Pilih tab Advanced —> dibawah menu Performance klik tombol Setting.
  4. 4. Setelah keluar kotak dialog box Performance Option lalu pilih tab Data Execution Prevention
  5. 5. Pilih Turn on DEP for all programs and services except those I select.
    Jika anda sudah melihat Windows Explorer klik checkbox Windows Explorer lalu pilih OK.
  6. 6. Jika Windows Explorer belum terlihat klik tombol Add : lalu browse (pada umumnya windows explorer terletak pada C:\WINDOWS\explorer.exe) lalu jalankan langkah no.5
  7. 7. setelah tombol OK di klik keluar dialog box yang menyatakan setting yang barusan kita lakukan akan memberi efek setelah komputer direstart.
  8. 8. Terakhir klik OK lalu restart komputer anda.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More