Pages

Minggu, 05 Mei 2013

Upgrade Memory Netbook Acer dari 1GB Menjadi 2GB

Acer merupakan produsen perangkat komputer yang banyak meluncurkan produk komputer jinjing seperti Notebook. Generasi Notebook yang lebih imut yaitu Netbook, pada generasi awal Acer hanya membekali memory atau RAM yang minim untuk Netbook. Sebut saja type Aspire One D255 dan 522 yang mengandalkan memory 1GB. Dengan ukuran RAM 1 GB, system operasi dan program yang berjalan akan terasa lambat. Meskipun Netbook diinstal OS Windows 7 starter sekalipun, masih menyisakan leg atau bahkan patah-patah saat menjalankan multitasking dan program yang menghabiskan banyak memory seperti photoshop dan game.
Solusi masalah itu yang paling ampuh ya mengganti modul memory dari 1GB menjadi 2GB atau lebih. Dengan mengupgrade memory Netbook, akan menambah performa system secara signifikan. Kali ini kami coba buatkan langkah untuk mengupgrade memory netbook acer.
Kami tidak merekomendasikan cara ini untuk netbook baru karena bisa menghilangkan garansi resmi. Mohon hati-hati mengikuti cara ini, segala kerusakan bukan tanggung jawab penulis.
Berikut ini step by step upgrade memory netbook acer:

  1. Sebelumnya silahkan catat informasi tentang memory yang digunakan, atau gunakan software CPU-Z untuk melihat info RAM yang terpasang. Lihat artikel Cara Mengetahui Jenis RAM dengan Bantuan Software.
  2. Siapkan memory pengganti yang sesuai dengan type sesuai step 1 dengan kapasitas 2GB.
  3. Sebagai bahan referensi sebelumnya silahkan baca dulu artikel Tips membongkar casing notebook acer.
  4. Siapkan seperangkat obeng kecil, obeng – dan +.
  5. Dalam keadaan Netbook tidak ON, lepas Batere dengan menggeser pengait atau pengunci Batere.
  6. Perhatikan pengunci diatas tombol paling atas (Biasanya diatas tombol Del, F12, F8, F4). Tekan ke dalam mulai dari pengunci paling kanan/ tombol Del sambil mengangkat papan keyboard. Angkat papan keyboard pelan-pelan sampai terlihat kabel fleksibel keyboard.
  7. Anda bisa mencopot kabel flexible keyboard atau biarkan saja terpasang, yang penting Anda dapat membuka 4 baut yang dilingkari warna merah, setelah itu dorong sesuai petunjuk untuk membuka casing belakang.
  8. Setelah casing belakang terbuka, copot memory dari slot Netbook dengan cara membuka penjepit kekanan dan kiri. Kemudian pasang memory pengganti yang 2 GB sampai terjepit sempurna di slot memory.
  9. Pasang kembali cover belakang dan keyboard.
  10. Hidupkan Netbook dan cek kembali dengan CPU-Z apakah kapasitas RAM sudah berubah.
Dalam percobaan ini kami hanya mengganti dari memory 1 GB ke 2 GB. Belum dicoba untuk kapasitas yang lebih tinggi.
Sekedar saran, sebelum anda membeli memory pengganti, pastikan sudah mencatat informasi memory sebelumnya, karena mungkin ada memory yang tidak kompatible dengan Netbook Anda.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More