Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Membuat File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows

Membuat hidden file atau file yang disembunyikan system mungkin sudah biasa. Hanya beberapa klik saja, seperti klik kanan file, properties, centang hide dan selesai. Sayangnya, file atau folder yang anda hidden masih bisa terlihat dengan menggunakan opsi folder option dan centang “show hidden files and folder”. Lantas bagaimana menyembunyikan file atau folder agar benar-benar tidak terlihat? Kita lihat saja aksinya berikut ini.
Super hidden atau bisa dikatakan hidden file system adalah file khusus yang tidak bisa dilihat seperti biasa (hidden), walaupun anda sudah mengaktifkan opsi Show hidden files and folders sekalipun, anda masih belum bisa melihat file super hidden ini. Super hidden biasanya digunakan oleh file system yang mengatur jalannya system. Tujuannya adalah agar system berjalan dengan lancar. Dengan adanya super hidden ini, diharapkan anda tidak bisa mengutak-atik file system tersebut.
Pada dasarnya, Windows menggunakan command untuk  membuat file tersebut super hidden. Setelah anda tahu command-nya, anda bisa mengubah sebuah file menjadi super hidden melalui command prompt. Caranya:
1. Buka CMD anda dengan izin administrator. Klik start > Klik kotak search dan ketikkan cmd > Klik kanan pada cmd > Klik Run as Administrator.
Run as Adiministrator CMD
2. Kotak dialog Command Prompt akan muncul. Misalnya saya akan membuat folder Games dan folder WordPress coba yang terletak di drive D:/ menjadi super hidden. Ketikkan +s +h D:/Games untuk membuat folder games menjadi super hidden.
Ketik +s +h <direktori folder/file>
Jika anda mempunyai folder yang memakai spasi sebagai nama folder misal: WordPress coba, anda harus mengetikkan direktori folder disisipi dengan tanda petik sebelum dan sesudah direktori. Contohnya: +s +h “D:/Wordpress coba”. Jika tidak, anda akan diberi peringatan tulisan parameter format not correct- seperti gambar diatas. Pastikan anda menuliskan direktori dengan benar.
3. Selesai. Jika CMD tidak memberikan peringatan apa-apa, berarti folder atau file sudah di super hidden. Untuk mengecek apakah sudah super hidden, buka explorer dan cari folder anda yang sudah dihidden. Jika anda tidak bisa menemukan folder tersebut, berarti folder sudah dalam keadaan super hidden.
Melihat Folder/File Super Hidden
Untuk melihat file atau folder yang super hidden, anda bisa melakukan settingan terlebih dahulu pada folder option explorer anda.
1. Buka explorer anda, tekan alt. Menu baru akan muncul dibagian atas. Klik tools lalu klik folder options.
Tekan alt untuk membuka menu bar lalu buka folder options
2. Buka tab View. Tandai Show hidden files, folders, and drives. Hilangkan centang Hide protected operating system files (Recommended).
Settingan folder options
3. Kotak peringatan akan muncul. Klik yes untuk melanjutkan.
Klik Yes
4. Klik Apply dan tutup Folder Options. Anda akan melihat beberapa system file seperti $RECYCLE.BIN pada drive D:/. Selanjutnya, anda bisa melihat dan membuka folder anda yang telah di super hidden.
Super Hidden System Files
Mengubah File/Folder Super Hidden Kembali Seperti Semula
Untuk membuat folder/file yang sudah menjadi super hidden kembali seperti semula, anda harus membuka command prompt sebagai administrator dan mengetikkan command sebaliknya. Yaitu command -s -h <direktori file/folder>. Misalnya saya akan membuat folder D:/Games yang sudah saya super hidden sebelumnya kembali seperti semula. Cukup ketikkan -s -h D:/Games pada command prompt.
Ketikkan -s -h <direktori file/folder>
Semoga bermanfaat :mrgreen:

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More