Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Memulai Safe Mode pada Windows 7/Vista/XP

Safe Mode
Seringkali PC kita mengalami masalah seperti terinfeksi virus, file system yang corrupt, dll. Masalah-masalah tersebut bisa diselesaikan melalui Safe Mode. Lantas apa itu safe mode dan bagaimana cara mengakses Safe Mode pada Windows anda? Kita akan bahas lebih lanjut tentang Safe Mode.
Apa itu Safe Mode?
Safe mode adalah booting khusus Windows dalam keadaan terbatas. Maksud terbatas disini adalah hanya file dasar dan driver dasar yang diperlukan untuk menjalankan Windows dimulai. Kata-kata “Safe Mode” pada desktop muncul di sudut layar untuk mengidentifikasi Windows mode yang sedang anda gunakan. Safe Mode merupakan cara yang khusus booting Windows untuk menyelesaikan masalah-masalah kritis yang mengganggu kinerja Windows anda. Tujuan dari Safe Mode adalah untuk memungkinkan anda memecahkan masalah Windows dan untuk menentukan kerusakan yang dialami Windows anda. Setelah anda memperbaiki masalah tersebut, anda bisa memulai ulang/restart PC anda untuk menjalankan Windows anda seperti semula.
Contoh masalah yang serius seperti virus ramnit membutuhkan Safe Mode untuk membersihkan virus secara keseluruhan. Karena ramnit dapat menginfeksi process dan service yang digunakan pada Windows anda. Nah, Safe Mode disini sangat berguna karena hanya process dasar saja yang dijalankan dan mempermudah untuk pembersihan.
Cara mengakses Safe Mode
Safe Mode dapat diakses diseluruh platform OS Windows dengan cara yang sama. Ada dua cara untuk mengakses Safe Mode.

Cara 1

1. Restart PC anda.
2. Tekan dan tahan F8 sebelum Windows menunjukkan Splash Screen (Logo booting Windows).
Windows Splash Screen – Klik gambar untuk memperbesar
3. Dialog Advanced Boot Options akan muncul. Pilih Safe Mode untuk melanjutkan.
Opsi Advanced Boot Options
4. Tunggu hingga Windows memulai dan memuat file-file penting dan driver penting. Selanjutnya Windows akan melanjutkan proses booting.
Windows memulai untuk memuat file-file dasar
5. Selesai. Anda bisa melihat tulisan safe mode di bagian pojok desktop anda.
Desktop Safe Mode
Terkadang, menekan F8 tidak menyelesaikan masalah anda. Jika F8 tidak memunculkan Advanced Boot Options, anda bisa mencoba F5 untuk mengakses Advanced Boot Options sebelum splash screen. Jika keduanya tidak bisa dilakukan, anda bisa mencoba cara 2.

Cara 2

1. Klik start, klik run. Ketikkan msconfig lalu klik OK. Sebagai alternatif jika anda menggunakan Windows Vista atau 7, ketikkan msconfig pada kotak search. Buka msconfig untuk melanjutkan.
Buka msconfig melalui search box
2. Buka tab Boot. Tandai Safe Boot untuk melakukan Safe Mode pada booting selanjutnya.
Tandai safe boot lalu klik Apply
3. Selesai. Restart PC anda. Windows anda akan memulai Safe Mode dengan sendirinya.
Jika anda sudah selesai menggunakan Safe Mode, hilangkan tanda pada opsi Safe Boot untuk melakukan normal boot pada booting selanjutnya. Restart PC anda dan Windows akan melakukan booting seperti biasa.
Semoga membantu :mrgreen:

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More