Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Rainmeter 2.3 beta


Setelah sukses dengan Windows Sidebar, sekarang saya akan memposting yang lebih advanced lagi dari Windows Sidebar. Tidak lain dan tidak bukan adalah Rainmeter. Anda pasti sudah mengenal software ini, salah satu desktop customization yang terkenal yang dapat menampilkan pernak-pernik, informasi, gadget, feed, dan lain-lain pada desktop anda. Penasaran? Mari kita bahas kelanjutannya.
Di versi baru ini, banyak plugin-plugin baru yang dapat digunakan di Rainmeter. Walaupun ini versi beta, tidak ada bug dan bisa dibilang sudah stable. Bagi anda yang belum tahu rainmeter, anda bisa melihat screenshotnya dibawah ini.
Klik gambar untuk memperbesar
Rainmeter menampilkan skin/suite yang dikonfigurasikan via configuration file (.ini). Suatu skin bisa menampung banyak fungsi seperti pemutar musik, gadget hard drive, shortcut, penampil waktu, dan banyak lagi. Dan yang lebih seru lagi, anda bisa mengedit skin tersebut sesuai keinginan anda. Rainmeter mendukung 32-bit dan 64-bit dan dapat diinstall di semua platform Windows.

Instalasi Rainmeter

Menginstall Rainmeter sangat mudah. Hanya dibutuhkan beberapa detik saja, anda bisa langsung menikmati Rainmeter.
1. Download Rainmeter 2.3.0 beta r1304.
Download Rainmeter 2.3 beta
2. Install Rainmeter.

3. Lanjutkan instalasi hingga selesai.

4. Klik Finish untuk menyelesaikan. Rainmeter akan langsung berjalan di desktop anda.

Klik gambar untuk memperbesar

Instalasi Skin Rainmeter

Skin adalah beberapa kontrol yang muncul di desktop anda yang di monitori oleh Rainmeter. Jika anda memakai Rainmeter untuk pertama kalinya, muncul skin Rainmeter yang bernama Illustro. Anda juga bisa menambah skin ke Rainmeter anda. Klik Rainmeter Skin Suites pada Skin “Welcome to Rainmeter” untuk mencari skin.

Klik gambar untuk memperbesar
Anda juga bisa mencari Rainmeter Skin di Google, DeviantArt, Customize.org, dan lain-lainnya. Lalu download skin yang anda inginkan.
Nah sekarang lanjut ke cara instalasinya.
1. Klik Rainmeter Skin file yang akan anda install.
2. Klik install.
3. Rainmeter Skin yang anda install akan segera dimunculkan di desktop anda.

Menyetting Skin

Skin rainmeter anda bisa disetting sesuai keinginan anda. Misalnya, setting posisi, transparency, dan sebagainya. Untuk menyetting skin, klik kanan pada skin yang akan anda setting. Lalu klik Settings.

Skin mempunyai beberapa variasi (Jika ada). Anda bisa mengganti variasi suatu skin dengan klik kanan skin, lalu klik Variants. Pilih variasi skin yang ada.

Anda bisa mengatur Skin yang ada di Rainmeter anda melalui Manage Skin. Klik kanan pada sebuah Skin lalu klik Manage Skin. Selanjutnya, anda bisa mengatur skin yang akan anda atur.

Untuk melihat skin yang ada pada desktop anda, klik Active Skins. Pilih salah satu skin yang aktif dan anda bisa menyettingnya.

Load/Unload Skin Rainmeter

Skin yang sudah anda install bisa anda munculkan di desktop anda dengan cara me-load skin yang akan anda tampilkan. Untuk menampilkan skin dalam satu tema Rainmeter (misalnya Illustro), klik kanan, klik Illustro dan pilih Skin.

Secara otomatis, skin anda muncul di desktop anda.

Cara yang lebih advance lagi, adalah melalui Manage Skin. Klik kanan pada sebuah skin dan klik Manage Skin untuk membuka Skin Control. Pilih skin yang anda inginkan, lalu klik Load.

Untuk menghilangkan skin yang tidak anda inginkan pada Rainmeter anda, klik kanan skin yang ingin anda hilangkan, lalu klik Unload Skin.

Sangat mudah, bukan?

Mengedit Skin Rainmeter

Jika anda sudah mengenal seluk-beluk Rainmeter, anda bisa mempelajari suatu skin dan mengeditnya. Anda bisa menambahkan suatu fungsi atau suatu efek pada skin. Jika anda ingin mengetahui cara mengedit skin Rainmeter, anda bisa googling atau mengunjungi rainmeter.net untuk tutorialnya. Klik kanan pada skin yang akan anda edit, lalu klik Edit Skin. Kotak dialog notepad akan muncul dan menunjukkan berbagai fungsi.
Ya mungkin seperti itu dulu saja kali ini. Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More